Rabu, 24 September 2014

UMM Hotspot Access

Hotspot ZoneSejak zaman dahulu manusia telah mengenal cara penyampaian informasi. Cara penyampaian informasi (yang saat ini lebih dikenal dengan istilah Teknologi Informasi) telah berkembang dari zaman ke zaman.
Mulai dari zaman batu sampai zaman robot, mulai dari gambar-gambar di dinding-dinding gua hingga diperkenalkannya dunia arus informasi yang kemudian dikenal dengan nama INTERNET (Interconnected Network). Internet berisikan informasi dan merupakan sarana komunikasi data seperti suara, gambar, video, dan teks. Pada tahun 1969, Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat proyek yang disebut ARPANET ( Advanced Research Project Agency Network) yang bertujuan untuk menghindari terjadinya kebocoran informasi /data penting milik mereka. Kemudian internet di gunakan oleh kalangan akademisi UCLA (University of California, Los Angeles) untuk keperluan penelitian dan pengembangan teknologi. setelah itu  perkembangan selanjutnya pada tahun 1990, Pemerintah Amerika Serikat memberikan ijin ke arah komersial. Fungsi internet sendiri sangat banyak dan sangat membantu pekerjaan manusia di antaranya dalam bidang bisnis, akdemis, pemerintahan, organisasi, dll. Dalam bidang akademis sendiri dapat kita lihat pada layanan teknologi informasi di UMM. Layanan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada komunitas internal dan eksternal stake holder UMM secara online, saat ini proses pelayanan terus di kembangkan agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada customer UMM. Bagi mahasiswa sendiri layanan teknologi informasi di UMM  ini dirasa sangat membantu karena selain tuntutan zaman, mahasiswa sebagai ujung tombak dari perkembangan teknologi harus mampu untuk menggali serta mengolah informasi dari berbagai sumber seperti internet. Salah satu fasilitas layanan yang disediakan adalah hotspot.
Hotspot adalah layanan untuk akses internet secara gratis yang disediakan oleh UMM dan ditujukan kepada seluruh mahasiswa UMM dengan menggunakan fasilitas WIFI (Wireless Fidelity). Syarat untuk mendapatkan layanan Hotspot UMM sendiri adalah sbb :
  1. Mahasiswa aktif UMM
  2. Mempunyai PIC (Personal Identification Code) yang dikeluarkan oleh Perpustakaan UMM.
Untuk menggunakan UMM Hotspot dapat dilihat di “BUKU PANDUAN PELATIHAN APLIKASI TEKNOLOGI INFORMASI”. Buku ini didapatkan setiap mahasiswa baru ketika melakukan registrasi di Biro Administrasi Akademik (BAA). “BUKU PANDUAN PELATIHAN APLIKASI TEKNOLOGI INFORMASI” ini diberikan kepada mahasiswa baru guna membantu dalam proses pelatihan aplikasi internet yang di selenggarakan untuk menunjang proses belajar. Selain itu  juga karena sebagaian sarana yang ada di UMM berbasis komputerisasi. UMM juga telah menyediakan tempat-tempat di pinggiran danau yang dapat di gunakan sebagai tempat mengakses jaringan hotspot. UMM Hotspot Access in this hotspot zone look so  beautiful right !! ;

sumber: http://misshaniblog.wordpress.com/2012/08/09/sejak-zaman-dah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar